Tips Cara Merawat Kain Flanel


Apa Itu Kain Flanel?
Kain Flanel (Felt) adalah jenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa proses penenunan, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan berbagai tekstur dan jenis yang berbeda.

Fungsi Kain Flanel?
Kain flanel mempunyai banyak kegunaan, pada awal diciptakan kain tersebut flanel digunakan untuk mengurangi getaran pada panel interior dalam industri otomotif, namun pada era sekarang flanel bisa digunakan juga sebagai aksesoris seperti : Bros, Jepit, Bando, Kotak Tisu, Tas, Kotak Pensil, Hiasan Dinding, Hiasan Celengan, dsb.

Bagaimana Cara Merawat Kain Flanel yang Kotor atau Berbulu?
Setelah kita tahu apa itu kain flanel dan fungsinya maka kita juga harus tahu beberapa tips merawat kain flanel dengan mudah, mengapa demikian? karena kain flanel mudah kotor dan berbulu, Bagaimana Caranya? Berikut tips cara merawat kain flanel :

  1. Apabila kain flanel tersebut kotor maka rendamlah kain flanel di baskom dengan air hangat.
  2. Tuangkan sedikit detergen atau sabun cair, hal yang perlu diperhatikan adalah kain flanel tersebut jangan direndam dengan cairan pemutih, selain itu jangan terlalu lama merendamnya dikarenakan kain flanel tersebut bisa memudar warnanya.
  3. Untuk membersihkan noda atau kotoran yang menempel gunakanlah sikat yang berbulu lembut/halus, seperti sikat gigi bayi dan bisa juga dengan spon yang halus. Saat menggunakan sikat gigi bayi atau spon, gosoklah dengan satu arah sehingga tekstur serat tidak rusak.
  4. Bilas dengan air bersih. Tekan permukaan kain flanel dengan lembut agar busa sabun hilang dan jangan sekali-kali memerasnya.
  5. Bila ingin serat kain flanel tetap lebut, rendamlah dengan cairan pelembut pakaian.
  6. Jemur kain flanel ditempat terbuka, tapi hindarkan dari sinar matahari langsung.
  7. Bila perlu saat kondisi kain flanel yang sudah kering, setrika dengan suhu yang sedang dan tidak terlalu panas.
  8. Meskipun sudah berhati-hati namun seringkali kita tidak bisa menghindari serat kain flanel yang berbulu 'Mbrudul'  , bila menemukan hal demikian maka gunakanlah gunting kecil untuk merapikan kain flanel tersebut yang 'Mbrudul', tapi hati-hati jangan sampai gunting tersebut membuat kain menjadi berlubang.

 Semoga artikel ini bisa bermanfaat
 -Salam GBS-
pesanHOTLINE Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN dengan Kurir Terpercaya

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

Free Backlinks
 
Copyright © 2011. Grosir Bros Surabaya | Bros Cantik GBS - All Rights Reserved
Redesigned : Grosir Bros Surabaya
Alamat Galery Jl. Tambak ASri No. 108-A Surabaya
Contact 0857-3321-4327